Tuesday 18 September 2018

Perbedaan Antara Fender Precision dan Jazz Bass

Bass Fender - Fender Precision Bass dan Jazz Bass adalah dua instrumen paling populer di dunia, yang digunakan oleh pemain di hampir setiap genre. Sejak tanggal rilis masing-masing, kedua bass ini telah mempertahankan tingkat popularitas yang konsisten bersama dengan bagian yang adil dari penggemar berat.


Tetapi meskipun ada kesamaan dari luar, Precision Bass dan Jazz Bass adalah dua instrumen yang berbeda, masing-masing menawarkan nuansa, nada, dan pemutaran sendiri. Meskipun keduanya telah berubah sejak dirilis lebih dari 50 tahun yang lalu, mereka mempertahankan sebagian besar fitur inti mereka serta perbedaan utama mereka. 

Tubuh
Perbedaan utama pertama antara dua bass Fender ini adalah desain bodinya. Ketika Precision Bass dirilis pada tahun 1951, tubuhnya adalah keberangkatan radikal, menampilkan potongan ganda yang dalam seperti tidak ada yang lain di industri. Beberapa tahun kemudian pada tahun 1954, Fender memutuskan untuk mengadopsi faktor bentuk tubuh kontur dari Stratocaster baru untuk Precision Bass, yang hingga saat itu menampilkan lebih banyak desain pelat yang solid seperti Telecaster. Faktor bentuk kontur ini menjadikan Precision Bass lebih ergonomis dan lebih nyaman untuk dipegang. Sementara itu Fender Jazz Bass, dirilis pada tahun 1960, membedakan dirinya dengan tubuh pinggang-offset, yang diadopsi dari gitar Jazzmaster yang diperkenalkan beberapa tahun sebelumnya. Manfaat dari desain ini adalah bahwa ia memindahkan massa tubuh ke depan, menjauh dari lengan kanan pemain.

Leher
Sementara kedua bass memiliki fitur Fender modern berbentuk huruf C leher (dan fingerboards dibuat dengan maple, rosewood, atau ferro pao), mereka sedikit berbeda. Sementara leher Presisi Bass memiliki ketebalan yang kurang lebih konsisten yang sedikit menyempit saat mencapai kacang, Jazz Bass memiliki profil leher yang lebih ramping dengan jarak senar yang jelas lebih sempit pada mur, memberikan nuansa yang berbeda yang dirasakan beberapa pemain untuk meraba lebih mudah.

Nada
Ketika Precision Bass pertama kali diluncurkan, ia menampilkan pickup single-coil single berlapis krom. Beberapa tahun kemudian, Fender memperkenalkan desain pickup split-coil yang memberikan Precision Bass suara bass yang lebih jelas dan solid yang menekankan bagian bawah sementara kurang sedikit treble. Jazz Bass di sisi lain dirilis dengan dual 8-tiang humbuckers, memberikan pemain lebih banyak kemungkinan nada. Banyak pemain menggambarkan Jazz Bass memiliki suara yang lebih bersih, lebih jernih dengan geram midrange yang berbeda sementara kurang dari kedalaman Bass Presisi.

Sejauh musisi saat ini pergi, rock, hard rock dan bassis metal cenderung menyukai Precision Bass sementara musisi jazz, country dan blues biasanya lebih menyukai Jazz Bass. Meskipun demikian, Anda dapat dengan mudah menemukan kedua bass ini digunakan dalam semua gaya musik karena pilihan antara keduanya terutama jatuh pada preferensi pribadi pemain.

Pilihan yang tepat
Pada akhirnya, pilihan antara Presisi Bass dan Jazz Bass sepenuhnya tergantung pada apa yang terlihat, terasa dan terdengar tepat untuk pemain. Apakah nada yang lebih dalam dari Precision Bass yang memanggil Anda atau sedikit lebih ramping dari Jazz Bass yang lebih gaya Anda, kedua instrumen menawarkan warisan yang beberapa instrumen lain dapat berharap untuk mencocokkan.

Harga
Dari semua perbedaan yang sudah disebutkan, harga bass fender terbaru dari keduanya juga sama-sama berbeda. Hal ini kambali melihat fungsinya juga berbeda.

No comments:

Post a Comment