Tuesday 10 July 2018

Inilah 3 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan dalam Memilih Bass Pertama Anda


Tips Membeli Bass Pertama - Bass menjadi salah satu alat musik yang berperan penting dalam sebuah band. Seorang bassis akan mengisi nada-nada yang rendah, sehingga suara yang dihasilkan akan senada dengan alat musik yang lainnya. Namun saat ini ada kendala bagi seorang pemula yang menginginkan bass pertama mereka. Tidak peduli apa pun jenis musik yang Anda mainkan, peran Anda sebagai gitaris bass akan menjadi salah satu yang penting.

Itulah sebabnya mengapa Anda harus yakin bahwa gitar bass pertama Anda dipilih dengan bijak. Kabar baiknya adalah Anda tidak akan kesulitan menemukan model yang mudah dimainkan, terdengar hebat, dan mewakili gaya dan selera musik unik Anda sendiri berkat berbagai macam model bass pemula yang tersedia. Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih bass pertama anda.

Pertama, mari kita lihat komponen-komponen berbeda yang membentuk gitar bass. Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang memainkan bass, atau bahkan pemain bass favorit yang pernah Anda lihat di majalah atau video musik, banyak dari bagian-bagian ini mungkin sudah terlihat akrab bagi Anda. Gitar bass datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun, bass yang tepat untuk Anda akan turun ke tiga faktor utama: jumlah string yang dimilikinya, apakah neck memiliki fret, dan pickup yang digunakannya.


String
Gitar bass biasanya datang dalam model 4-, 5- dan 6-string. Bagi mereka yang baru memulai, Anda lebih baik bertahan dengan model 4-string yang disetel ke format EADG standar. Sebagian besar grup rock terkenal mengikuti ini, dan bass 4 senar pasti akan lebih mudah dimainkan di tahap awal. Leher gitar bass 4 senar juga lebih ramping daripada model senar 5- atau 6, yang membuatnya ideal untuk pemain muda dengan tangan yang lebih kecil. Tentu saja, Anda selalu dapat beralih ke gitar bass 5- atau 6-string dari waktu ke waktu.

Frets
Dua tata letak fretboard yang akan Anda temui dikenal sebagai fretted dan fretless. Leher gitar bass standar cemas , mengandung frets baja sepanjang seluruh fretboard. Bass dengan fret secara alami lebih baik untuk dipelajari, karena mereka membuat menemukan catatan yang benar lebih mudah. Di sisi lain, bass fretless (seperti namanya) tidak memiliki fret. Meskipun bass yang fretless memiliki suara yang hangat dan bermain dengan lancar, para pemula harus tetap menggunakan instrumen yang diperas agar mereka dapat mempelajari posisi fingering yang tepat.

Pickup
Pickup pada bass Anda memiliki tugas mengubah getaran string menjadi sinyal listrik, yang menjadikannya bagian penting dari instrumen. Biasanya, gitar bass memiliki dua set pickup: satu di dekat fretboard, dan yang lain lebih dekat ke jembatan. Pickup dekat fretboard cenderung menciptakan nada halus, low-end, sedangkan yang oleh jembatan menghasilkan suara yang lebih cerah, high-end.

Seperti gitar, pickup bass datang dalam gaya single-coil dan humbucker. Single-coils adalah tipe pickup pertama, dan dikenal karena suara mereka yang tajam dan terfokus. Untuk membantu melawan umpan balik, humbuckers dibuat segera setelah single-coils. Selain membatalkan dengungan yang biasa ditemukan dengan kumparan tunggal, humbucker juga menghasilkan nada yang lebih tebal.

Meskipun ini adalah dua jenis pickup yang paling umum, Anda juga dapat menemukan pickup single-coil yang berfungsi seperti humbucker. Ini disebut pickup split-coil, dan menggabungkan kenyamanan bebas humbucker dengan suara kumparan tunggal. Contoh yang baik dari perpecahan-coil dapat ditemukan pada Fender Precision Bass klasik.

No comments:

Post a Comment